mengenal penyakit presbiopi



Apa itu presbiopi?

Presbiopia adalah jenis gangguan penglihatan umum yang terjadi seiring bertambahnya usia. Ini sering disebut sebagai kondisi mata yang menua. Presbiopia menyebabkan ketidakmampuan untuk fokus dari dekat, masalah yang terkait dengan pembiasan pada mata.

Penyebab presbiopi

Presbiopia terjadi secara alami pada orang seiring bertambahnya usia. Mata tidak dapat memfokuskan cahaya langsung ke retina karena pengerasan lensa alami. Penuaan juga mempengaruhi serat otot di sekitar lensa sehingga mata lebih sulit untuk fokus pada objek yang dekat. Lensa yang tidak efektif menyebabkan cahaya untuk fokus di belakang retina, menyebabkan penglihatan yang buruk untuk objek yang dekat.

Ketika Anda masih muda, lensa mata lunak dan fleksibel, memungkinkan otot-otot kecil di dalam mata dengan mudah membentuk kembali lensa untuk fokus pada objek yang dekat dan jauh.

Presbiopia

Kornea dan lensa menekuk (membiaskan) sinar cahaya yang masuk sehingga mereka fokus di belakang retina.

Siapa yang berisiko mengalami presbiopia?

Siapa pun yang berusia di atas 35 tahun berisiko mengalami presbiopia. Semua orang mengalami kehilangan daya pemfokusan untuk objek yang dekat dengan bertambahnya usia, tetapi beberapa akan menyadari ini lebih dari yang lain.

Gejala presbiopi menurut Artria, diantaranya:

  • Sulit membaca cetakan kecil
  • Harus memegang bahan bacaan lebih jauh dari jarak lengan
  • Masalah melihat objek yang dekat dengan Anda
  • Sakit kepala
  • Ketegangan mata

Jika Anda mengalami salah satu dari gejala-gejala ini, Anda mungkin ingin mengunjungi profesional perawatan mata untuk pemeriksaan mata melebar yang komprehensif. Jika Anda mengenakan kacamata atau lensa kontak dan masih memiliki masalah ini, resep baru mungkin diperlukan.

Bisakah saya memiliki presbiopia dan jenis kesalahan refraktif lainnya pada saat yang bersamaan?
Iya nih. Adalah umum untuk memiliki presbiopia dan jenis kesalahan refraktif lainnya pada saat bersamaan. Ada beberapa jenis kesalahan refraktif lainnya: rabun jauh (rabun jauh), rabun jauh (hyperopia), dan astigmatisme. Seseorang dapat memiliki satu jenis kesalahan bias di satu mata dan jenis kesalahan bias yang berbeda di mata yang lain.

Bagaimana presbiopia didiagnosis?

Presbiopia dapat ditemukan selama pemeriksaan mata melebar yang komprehensif. Jika Anda melihat ada perubahan dalam visi Anda, Anda harus mengunjungi seorang profesional perawatan mata. Ujian disarankan lebih sering setelah usia 40 tahun untuk memeriksa kondisi terkait usia.

Bagaimana presbiopia diperbaiki?

Kacamata adalah cara paling sederhana dan paling aman untuk mengoreksi presbiopia. Kacamata untuk presbiopia memiliki kekuatan fokus yang lebih tinggi di bagian bawah lensa. Ini memungkinkan Anda untuk membaca bagian bawah lensa dan melihat dengan benar di kejauhan melalui bagian atas lensa. Dimungkinkan juga untuk membeli kacamata baca. Kacamata jenis ini tidak memerlukan resep dan dapat membantu penglihatan bacaan.

Kunjungi juga:


Subscribe to receive free email updates: